Terungkap! Ragam Penyebab Kerusakan pada Central Lock Mobil

Asuransi Mobil All Risk Futuready
Ilustrasi

Central lock merupakan salah satu komponen penting pada mobil modern. Kita tak perlu repot-repot mengunci pintu mobil satu per satu jika mobil kesayangan sudah dilengkapi central lock. Perangkat dan biaya pemasangan central lock juga relatif terjangkau sehingga tak membuat kita boros. 

Setelah dipasang, tentu saja kita mesti telaten merawat komponen mobil yang satu ini. Kenali dulu penyebab kerusakan central lock mobil berikut ini agar kita bisa mencegahnya sedini mungkin :

Karat pada Komponen Door Lock
Door lock yang berkarat akan membuat pintu mobil jadi sulit dikunci. Biasanya door lock terletak di bagian pinggir pintu dan berupa kait yang menyatu dengan bodi mobil. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menyemprotkan sedikit pelumas. Pastikan kalau pelumas sudah melapisi seluruh permukaan door lock agar central lock tak macet lagi. 

Dinamo Motor Mulai Melemah
Kondisi dinamo motor yang mulai melemah juga mengakibatkan gangguan pada central lock. Sebab dinamo motor berfungsi sebagai penembak besi untuk mengaitkan kunci mobil. Selama dinamo motor berada dalam kondisi prima, central lock bisa dioperasikan dengan lancar. Namun karena digunakan terus menerus, dinamo motor juga rentan mengalami kerusakan. 

Tumpukan Kotoran di Sela-Sela Pintu
Debu dan kotoran yang terdapat pada sela-sela pintu dan bagian trim akan menyebabkan central lock jadi macet dan sulit beroperasi. Sebaiknya sela-sela pintu dibersihkan minimal 6 bulan sekali. Karena selain membuat central lock macet, kotoran juga bisa membuat kabel central lock jadi getas dan mudah putus. 

Sering Menutup Pintu Keras-Keras
Motor penggerak central lock akan lekas rusak bila kita sering menutup pintu keras-keras. Karena getaran tersebut akan mengganggu kinerja motor penggerak secara keseluruhan. Bahkan posisi gigi bisa berubah dan komponen batang central lock rentan bengkok. Kerusakan serius akibat menutup pintu keras-keras pun tak dapat dihindari.


Mulai sekarang, kita pasti lebih cermat merawat mobil kesayangan agar tak ada komponen yang mudah rusak. Kita juga wajib melindungi mobil dengan memilih asuransi all risk berkualitas. Karena asuransi all risk akan menjaga mobil dari risiko pencurian, kerusakan akibat bencana alam, dan kecelakaan. Mari mengandalkan asuransi mobil all risk terbaik untuk mendapatkan proteksi semaksimal mungkin. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.