Mari Cari Tahu Hukum Qurban Idul Adha

Tabungan Kurban


Dalam melakukan ibadah, umat Islam tentunya ingin melakukan yang terbaik agar dapat diridhoi Allah SWT. Ada banyak agar bisa melakukan Ibadah Kurban salah satunnya dengan merencanakan tabungan kurban. Lalu ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan dan ketahui mengenai Idul Adha dan ibadah qurban. Hal ini tentunya agar kita dapat melakukan ibadah dengan baik dan benar. Pengetahuan yang perlu diketahui mulai dari hukum qurban Idul Adha sampai dengan tata cara bagaimana melakukannya. Dengan mengetahui itu semua, kita dapat menjalankan ibadah dengan baik dan benar. Kualitas ibadah kita pun dapat meningkat. Hari raya Idul Adha menjadi salah satu hari raya umat Islam yang besar. Banyak orang yang berlomba-lomba dapat melakukan ibadah qurban pada hari raya ini. Hal ini karena kesempatan menjalankan ibadah qurban hanya datang satu kali setiap tahunnya. Hal ini membuat ibadah ini menjadi salah satu ibadah yang dinanti.

Walaupun banyak orang ingin melakukan ibadah qurban saat Idul Adha, bukan berarti ibadah qurban saat Idul Adha memiliki hukum wajib. Hukum qurban Idul Adha itu sunnah, sehingga tidak apa-apa jika kita tidak melakukannya karena kita memang tidak mampu melakukannya. Bagi yang memiliki rezeki yang cukup untuk melakukan ibadah qurban, maka melakukan ibadah tersebut menjadi hal yang dianjurkan. Hal ini karena ibadah qurban dapat menjadi salah satu cara untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan dan tidak dapat menikmati daging saat hari biasa. Perlu Anda ketahui bahwa melaksanakan qurban tidak hanya dilakukan sat hari saat Idul Adha saja yaitu tanggal 10 Dzulhijjah, namun juga dapat dilakukan sampai dengan 3 hari setelahnya yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Hukum qurban Idul Adha yang sunnah, tidak lantas membuat banyak umat Islam tidak ingin menyembelih hewan untuk qurban. Justru banyak orang yang sudah jauh hari mempersiapkan hewan untuk dapat disembelih saat qurban. Hewan yang dapat digunakan untuk berkurban pun memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi. Beberapa syarat tersebut diantaranya adalah hewan yang harus disembelih dalam ibadah qurban adalah hewan ternak yang halal dikonsumsi seperti sapi, domba, dan kambing. Syarat yang kedua adalah kondisi hewan harus sehat. Yang dimaksud sehat di sini adalah tidak sedang sakit, tidak mengalami kecacatan, dan tidak kurus sampai tulangnya tidak memiliki sumsum. Jika ketiga kriteria tersebut sudah dipenuhi, maka hewan ternak tersebut dapat digunakan sebagai salah satu hewan qurban Anda.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, hukum qurban Idul Adha adalah sunnah. Baik bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk menjalankannya, anda bisa melakukan ibadah kurban dengan tabungan kurban. Bagi Anda yang ingin melakukan ibadah tersebut, memilih hewan qurban yang terbaik sesuai dengan kemampuan menjadi salah satu hal yang dapat Anda lakukan. Melakukan ibadah sebaik mungkin tentunya baik untuk dilakukan. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.