Beberapa Kota Dengan Biaya Hidup Sedikit

biaya hidup

Di setiap kota pasti memiliki biaya hidup yang berbeda-beda, hal itu disebabkan oleh banyak faktor. Berikut adalah daftar kota yang memiliki biaya hidup sedikit, seperti yang moeoto.com kutip dari CNN.
 Biaya hidup di sebuah kota dapat jadi salah satu pertimbangan untuk berwisata. Semakin murah biaya hidup di kota itu, tentunya semakin sedikit pengeluaran yang dibutuhkan.

Baru-baru ini The Economist Intelligence Unit merilis hasil survey biaya hidup di seluruh dunia atau WCOL. Biaya hidup itu dihitung berdasarkan 160 parameter di 133 kota di dunia.

Parameter tersebut di antaranya harga makanan, minuman, pakaian, perlengkapan rumah tangga, kebutuhan pribadi, sewa rumah, transportasi, dan biaya rekreasi.

1. Lusaka

Lusaka, ibu kota Zambia dinobatkan jadi kota termurah di dunia. Lusaka memiliki WCOL indeks dengan angka 41. Sebagai perbandingan, Singapura jadi kota termahal dengan capaian angka 116.

Meski tak menarik banyak wisatawan, Zambia merupakan detinasi wajib bagi para pecinta binatang liar. Dengan luas sekitar sembilan ribu hektar, Zambia adalah rumah bagi singa, macan tutul, jerapah, dan pusat bagi para kuda nil di Afrika.

2. Bengaluru

Menyusul Zambia dengan angka 42, Bengaluru jadi kota termurah kedua di dunia. Bengaluru merupakan kota terbesar sekaligus ibu kota negara bagian Karnataka, India.

Melansir Telegraph, di kota ini umat Hindu, Islam, dan Kristen hidup berdampingan dengan penduduk lokal keturunan Tamil dan Bengali.

Di seluruh penjuru kota, masyarakat dapat berbahasa Inggris, meski masih dengan kemampuan standar. Kota ini juga sangat ramah dan aman bagi pemuda dan perempuan.
Salah satu festival yang diselenggarakan di Mumbai, Chatt Puja. Salah satu festival yang diselenggarakan di Mumbai, Chatt Puja. (REUTERS/Danish Siddiqui)
3. Mumbai

India juga memiliki kota termurah ketiga di dunia, yakni Mumbai. Kota ini setingkat lebih tinggi dari Bengaluru, dengan mengumpulkan 43 angka WCOL.

Terletak di arah barat laut Bengaluru, Mumbai disebut mengalami masa renaisans di bidang seni dan arsitektur yang berpusat di Kala Ghoda.

Berbagai bangunan era kolonial juga sudah direnovasi dan puluhan galeri seni juga dibuka untuk umum. Di tengah kepadatan kendaraan, Mumbai masih menyediakan pedestrian yang ramah.

4. Karachi

Selanjutnya, ada Karachi yang mempunya nilai indeks WCOL 45. Sebagian pelancong mungkin akan mempertimbangkan Karachi, kota terbesar di Pakistan, untuk berlibur.

Kota ini merupakan pusat industri dan perbankan di Pakistan. Musim dingin jadi pilihan yang tepat untuk berkunjung, karena matahari saat musim panas sangat menyengat.

Karachi juga kental dengan budaya. Salah satunya terdapat Museum Nasional Pakistan dan Akademi Kesenian.

5. Chennai

Lagi, India menempatkan salah satu kotanya sebagai kota paling murah di dunia. Kali ini giliran kota di bagian selatan India, Chennai, yang memiliki indeks sama dengan Karachi, 45.

Kota ini merupakan kota metropolitan ke-empat terbesar di India. Selain menawarkan keindahan pantai, Chennai juga memiliki berbagai situs untuk wisata sejarah.

Ada dua kota lain yang memiliki angka sama dengan Karachi dan Chennai, yaitu Almaty di Kazakhztan dan Algiers di Algeria.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.