Kenali Alergi Demi Menjaga Kesehatan Anak

Kenalgi Alergi

Gangguan kesehatan, apalagi yang dialami oleh anak, bisa sangat banyak terjadi. Salah satunya adalah gangguan yang berupa alergi pada anak, di mana imunitas tubuh yang seharusnya membantu tubuh agar lebih sehat justru menjadi biang kerok dari macam-macam gangguan kesehatan yang dialaminya. Saat anak mengalami alergi, tumbuh kembangnya bisa terancam, dan ini yang harus Anda waspadai. Jadi anda harus tahu cara kenali alergi mulai dari sekarang!

Dengan mengenali alergi lebih dalam, Anda sebagai orang tua akan mampu:

•    Mengenali dengan lebih cepat gejala-gejala alergi yang mungkin terjadi pada anak, dan bertindak dengan cepat sehingga anak tak menderita lebih lama.
•    Penanganan yang lebih cepat juga akan membuat anak bisa mengalami tumbuh kembang dengan lebih baik, lantaran kesehatannya tak terganggu.
•    Anda akan bisa mengidentifikasi dengan cepat makanan atau minuman yang menjadi penyebab alergi, atau situasi khusus yang membuat alergi (misalnya alergi serbuk sari bunga).
•    Mencegah orang tua agar tak melakukan kesalahan diagnosa dan memberikan obat yang salah pada anak. Karena jika dibiarkan, ini bisa berakibat fatal pada anak.

Kenali lebih jauh tentang alergi yang dialami anak, dimulai dari kewaspadaan saat anak menunjukkan gejala-gejala berikut ini:

•    Mengalami batuk dan sesak napas setelah makan makanan tertentu, atau minuman tertentu, atau di kondisi yang spesifik.
•    Anak mengalami sakit perut dan diare sehabis makan makanan yang sama. Misalnya susu sapi. Coba ganti dengan susu alternatif seperti susu kedelai dari Susu SGM, dan lihat apakah reaksinya masih sama.
•    Anak mengalami gatal-gatal atau biduran sehabis makan makanan tertentu, dan mereda serta tak mengalaminya lagi saat makanan tersebut dijauhkan darinya.
•    Anak mengalami muntah-muntah dan sakit kepala, atau menunjukkan gejala seperti asma setelah berada dalam kondisi tertentu.

Makanya, solusi alergi anak terbaik harus dilakukan sebelum sebelum Anda mengambil keputusan Anda sendiri. Anda harus rajin melakukan konsultasi dengan dokter anak Anda, sehingga segala diagnosa dan tes bisa dilakukan sejak awal. Dengan cara ini, Anda pun akan tahu masalah kesehatan anak lebih awal, dan tak gegabah dalam melakukan perawatan, yang ujung-ujungnya justru merugikan anak Anda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.