Tanda Anda Sulit Hamil

5 Tanda Sindrom Ovarium Polikistik yang Bikin Wanita Sulit Hamil

Sudah lama menikah tapi belum dikaruniai anak ? sebaiknya anda mulai waspada jika anda terkena sindrom ovarium polikistis yang bisa membuat wanita sulit hamil seperti yang moeoto.com kutip dari kompas.
Sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovarium syndrome (PCOS) merupakan kelainan hormonal yang menjadi salah satu penyebab ketidaksuburan pada wanita.

Wanita dengan PCOS memiliki lebih banyak hormon laki-laki, yaitu androgen. Dokter Anuja Dorkas dari PCOS Center mengatakan, banyak wanita tak menyadari gejala PCOS karena kurangnya pengetahuan. Para dokter pun terkadang masih sulit menegakkan diagnosis penyakit ini. Berikut gejala PCOS seperti dikutip dari Prevention.com

1. Siklus haid tidak teratur
Gejala PCOS yang paling umum adalah tidak teraturnya siklus haid. Normalnya, haid datang sebulan sekali atau 21-35 hari sekali. Pada wanita yang memiliki PCOS, haid datang tak menentu bisa lebih dari 40 hari sekali, misalnya 3-5 bulan sekali. Kondisi ini membuat wanita sulit hamil.

2. Jerawat sering muncul
Munculnya jerawat sangat wajar, apalagi pada masa pubertas. Pada wanita dewasa, munculnya jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya karena ketidakseimbangan hormonal. Ini bisa menjadi salah satu tanda PCOS. Apalagi jika disertai menstruasi yang tidak teratur.

3. Tumbuh rambut di tempat tak terduga
Tumbuhnya rambut yang cukup banyak di tempat-tempat tak terduga, seperti dagu, di atas bibir, dan di tempat yang tak biasa, merupakan gejala PCOS. Hal ini terjadi karena kelebihan hormon pria pada penderita PCOS.

4. Mengidap diabetes
PCOS sering dikaitkan dengan resistensi insulin. Namun, para ahli masih terus meneliti apakah kelebihan hormon androgen yang memicu resistensi insulin. Wanita dengan PCOS sering kali menimbulkan gejala pre-diabetes. Hal ini membuat mereka sangat berisiko terkena diabetes tipe 2.

5. Kenaikan berat badan
Kenaikan berat badan juga bisa dicurigai sebagai tanda-tanda PCOS. Menurut Cleveland Clinic, kenaikan berat badan pada wanita dengan PCOS biasanya berfokus pada tubuh bagian atas dan perut.

Jika Anda memiliki gejala- gejala tersebut, konsultasilah dengan dokter endokrinologi maupun dokter kandungan. Mengatasi PCOS biasanya tak hanya dengan obat-obatan, tetapi juga harus diikuti perubahan gaya hidup sehat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.